hari sabtu ini saya browsing-browsing kemudian ngeliat http://kolomkita.detik.com/ di halaman depan Headline ad artikel “Cinta Itu Sederhana, Mengenang Z” ( http://kolomkita.detik.com/baca/artikel/4/2925/cinta_itu_sederhana_mengenang_z ) kemudian di sebelah box koki refrensi ada artikel Hai Z, setelah membaca saya akhirnya mengingat kenangan masa lalu waktu saya bekerja ama dia dalam koki.

Dulu awal-awal 2009 waktu kerja di IT kompas.com, saya sering di datangi oleh pengelola kolom koki, panggilannya mbak retno atau nama bekennya zeverina william atau panggil saja ze, akhirnya saya kenalan, kesan pertama orangnya modis rambutnya agak merah semiran, suka pake kaos, sepatu ket, dan omongannya suka vulgar, aksen bhs jawanya juga keliatan maklum saya juga orang jawa. ceritanya di kompas.com dulu ada kanal kolom kita sebagai citizen journalism community. Nah dia sering request ke IT biasa minta ini itu, akhirnya saya yang kebagian mengerjakan, bahkan terkadang sampe larut malam, maklum kadang dia request nya jam 6 sore, dan minta hari itu juga kelar. cerita-cerita dia ternyata pernah di malang ( kelahiran malang kalo dak salah ), maklum saya juga pernah hidup lama di malang akhirnya mungkin agak nyambung.

Waktu terus berjalan, ternyata kayaknya dia ada perbedaan idealisme dengan manajemen kompas.com ditengah kanal koki kompas yang naik daun, yang seingat saya dia pernah bilang “biarkan mereka orang-orang yang tidak suka kebebasan jurnalisme”. Sampai dia mau resign dia masih sering request di samping tempat duduk saya, bahkan ketika ngajuin surat resign. dia disamping saya di datangi seorang direksi kompas.com dan si direksi bilang “ini kamu resign kok menulis surat permohonan resign kayak surat cinta  saja” ( gue kalo mengingat itu pasti ketawa hahaha ) .

Akhirnya dia jadi resign juga, kemudian dia mendirikan koki versi community, programmernya juga member koki juga. bahkan mbak retno chatting ke saya untuk membantu mengelola dan bahkan meminta source code nya, ya tentu saja ama manajemen tidak diperbolehkan.

Tidak lama kemudian koki dibeli oleh detik, dan dia sempat chatting sama saya lagi, fan mau bantuin saya nggak? bantuin coding koki, atau kamu pindah ke detik aja bantuin ngurusin koki, bahkan dia sempat kamu minta gaji berapa, terus kamu di kompas.com digaji berapa. sempat goyah juga karena itu masih status kontrak alias belom permanen di kompas.

Ternyata di pertengahan tahun 2010 ada kabar dia meninggal, kaget juga padal dia keliatan muda, chattingan baru kemaren saja, kok udah meninggal, ini sama ceritanya dengan dulu,  saya  punya  temen netadmin di fak ilmu budaya UGM nama ID nya zarathustz ( kenal karena temennya heppy dan hardani ), biasanya sering chatting share ilmu, kemudian 1bulan – 2bulan dak aktif, ternyata meninggal kena kanker paru-paru.

saya cek berita-berita di inet, ternyata memang benar dia telah tiada http://megapolitan.kompas.com/read/2010/07/07/19322957/Mantan.Wartawan.Kompas.com.Retno.Wafat . ngecek di web koki juga banyak ucapan belasungkawa.

Selamat jalan zev semoga bahagia di surga. bahkan udah ada bulunya neh, gue rencana mau beli neh.

Ini ID ym nya orang meninggal masih ada, kali aja mau chatting hehehe.